SIDANG PERMOHONAN SECARA TELECONFERENCE

>>>

PERSYARATAN BISA ATAU TIDAKNYA DILAKUKAN SIDANG PERMOHONAN SECARA TELECONFERENCE

Beberapa permohonan yang masuk kategori permohonan ringan adalah :

  1. Perbaikan kesalahan nama dengan dokumen pembanding yang  kuat dan lengkap.
  2. Perbaikan kesalahan nama orang tua di akta kelahiran
  3. Perbaikan kesalahan tanggal lahir di akta kelahiran

 

NB : Penentuan bisa atau tidaknya sidang permohonan secara teleconference ditentukan oleh hakim

Di Kantor Desa tersedia peralatan pendukung persidangan permohonan secara teleconference :

  1. Koneksi Internet yang stabil (bandwith minimal 20 Mbps dengan koneksi kabel LAN)
  2. Satu Buah PC/Komputer (sebagai akun zoom PEMOHON)
  3. Satu Buah HP Android dengan kamera (sebagai akun zoom BUKTI SURAT)
  4. Webcam
  5. Layar Monitor yang tersambung ke PC
  6. Wireless Mic
  7. Alat Bantu Bukti Surat
  8. Satu Buah Meja dan 3 buah kursi untuk pemohon dan saksi
  9. Kitab Suci (Al Quran, atau Injil ataupun kitab suci lainnya) sesuai dengan agama dari saksi yang dihadirkan pemohon

Para Pihak yang hadir pada saat pelaksanaan sidang permohonan secara teleconference di desa :

1. Pemohon

2. Dua orang saksi

3. Dua Orang petugas persidangan dari perangkat desa

Paling sedikit disediakan 2 petugas/perangkat desa yang telah terlatih dengan rincian tugas sebagai berikut :

  1. Satu orang sebagai operator Komputer Zoom dan operator kamera yang menggerakkan kamera sesuai dengan perintah hakim
  2. Satu orang sebagai operator bukti surat sekaligus sebagai juru sumpah saksi

Pada saat persidangan, pemohon diperintahkan hakim untuk membaca surat permohonan dan akan ditanyakan beberapa poin sebagai berikut (Ketiga pertanyaan tersebut harus mampu dijawab oleh pemohon dengan jelas):

  1. Tujuan dilakukan perbaikan data di akta kelahiran (apakah untuk mendaftar sekolah, mendaftar kerja, mengurus paspor ataupun hal lainnya)
  2. Di bagian mana kesalahan datanya di akta kelahiran (namanya, tangga lahirnya atau nama orang tua nya)
  3. Dokumen pembanding yang benar (data di ijasah atau data di surat kenal lahir)

 

Syarat pemohon : harus bisa baca tulis dan berbahasa indonesia

 

Pada saat persidangan, Saksi akan diberi pertanyaan dari hakim  dan beberapa poin yang ditanyakan sebagai berikut (Beberapa pertanyaan tersebut harus mampu dijawab oleh pemohon dengan jelas):

  1. Apakah mengenal pemohon (nama pemohon, nama anak pemohon jika yang perbaikan data adalah anak pemohon, tempat tinggal pemohon)
  2. Tujuan dilakukan perbaikan data di akta kelahiran (apakah untuk mendaftar sekolah, mendaftar kerja, mengurus paspor ataupun hal lainnya)
  3. Di bagian mana kesalahan datanya di akta kelahiran (namanya, tangga lahirnya atau nama orang tua nya)
  4. Dokumen pembanding yang benar (data di ijasah atau data di surat kenal lahir)

 

Syarat Saksi :

  1. Tidak ada hubungan sedarah keatas dan kebawah dalam derajat ketiga (contoh : Saksi bukan Kakek, Ayah, Ibu, Anak, Cucu)
  2. Saksi tidak ada hubungan perkawinan (menantu, mertua)
  3. Saksi berusia diatas 15 tahun dalam kondisi sehat kejiwaannya
  4. Saksi bisa membaca dan menulis
  5. Saksi bisa berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia